Inilah 8 Tempat Rafting di Indonesia yang Paling Menantang

Berarung jeram menantang nyali? Siapa takut? Buat fans rafting atau arung jeram, sungai berarus deras yaitu tantangan yang perlu di kalahkan. Kamu pantas suka, karna Indonesia mempunyai beberapa sungai yang pantas disusuri dengan perahu karet. Walaupun saat ini tengah musim hujan serta banyak sungai yang meluap jadi oleh karena itu, info miliki nilai dalam artikel ini dapat anda taruh buat kamu cobalah waktu musim arung jeram yang selanjutnya tiba.

Nah, jika terlebih dulu Hipwee telah mengupas diving spot paling bagus yang berada di Indonesia, inilah berapa sungai paling baik yang dapat anda jajal utk berarung jeram.

1. Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam

Aceh mempunyai satu diantara lokasi arung jeram yang menantang bernama Sungai Alas. Dengan grade 3-4, Sungai Alas tidak hanya mempunyai arus yang deras, tapi juga belokan-belokan tajam yang meningkatkan adrenalin.

Kamu yang masih tetap pemula dapat mengarungi Sungai Alas dari mulai Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang. Sesaat anda yang telah lihai dapat menjajal rute dari mulai Angusan. Kamu mau disajikan pemandangan alami yang indah di selama sungai, bahkan juga dapat berpapasan dengan satwa liar yang tengah minum di pinggir sungai.

2. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai Asahan yang terdapat di Sumatera Utara ini yaitu sungai yang menantang utk berarung jeram. Tingkat kesusahan yang meraih grade 4-5 buat sungai ini kerap jadikan jadi tempat kompetisi arung jeram tingkat nasional atau internasional. Bahkan juga, Sungai Asahan disebut-sebut jadi tempat berarung jeram paling baik ke-3 didunia, sesudah Zambesi di Afrika serta Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Dengan titik start dari Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, anda harus menyusuri sungai yang berarus deras serta medan yang susah sejauh 22 km.. Bagaimana, ditantang utk menjajal?

3. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

Kesibukan arung jeram di Sungai Batang Tarusan dapat anda dari mulai Desa Taratak yang berjarak 20 menit dari Jalan Lintas Padang-Painan. Sungai ini cukup aman untuk pemula, karna mempunyai tingkat kesusahan grade 2+ hingga 3, dengan debet air yang stabil pada musim kemarau. Tapi, tingkat kesulitannya meraih grade 4+ waktu musim penghujan, jadi anda harus ekstra hati-hati, terlebih sungai ini mempunyai jeram-jeram besar yang dapat buat perahumu terbalik.

4. Sungai Ayung, Bali

Sungai Ayung sebagai sungai terpanjang di Bali, dengan panjang jalur arung jeram meraih 12 km. Kamu dapat mulai berarung jeram dari daerah Payangan serta selesai di Desa Kedewatan dengan saat tempuh sekitaran 2 jam. Dengan grade kesusahan 2 hingga 3, sungai ini pas dijamahi pemula. Yang menarik, anda dapat lihat pahatan-pahatan tebing karya seniman Ubud di berapa titik.

5. Sungai Elo, Jawa Tengah

Di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada Sungai Elo yang tidak bisa ditinggalkan beberapa pencinta rafting. Letaknya yang tidak jauh dari Candi Borobudur dapat anda tempuh sekitaran 40 menit dari Yogyakarta. Jeram disini cukup ramah untuk pemula, tapi anda tetaplah mesti siaga karna arusnya populer deras.

Untuk merampungkan rute arung jeram Sungai Elo, diperlukan saat sekitaran 2-3 jam dengan kedalaman air serta tingkat jeram yang berlainan. Situasi alam yang sejuk ditambah arus yang menantang buat anda tidak butuh berfikir 2 x utk menjajal rafting disini.

6. Sungai Citarik, Jawa Barat

Sungai Citarik yang terdapat di Jawa Barat tepatnya di Sukabumi ini yaitu satu diantara lokasi rafting favorite, maka senantiasa ramai dikunjungi tiap-tiap akhir minggu. Sungai dengan grade 3 ini tawarkan beberapa rute. Ada yang saatnya 1 jam dengan jarak tempuh 5 km, ada pula yang berjarak 17 km serta butuh saat 4 jam.

Nah, Sungai Citarik tidak hanya tawarkan jeram berbatu-batu yang menantang. Kamu dapat juga nikmati beberapa air terjun di berapa titik selama rute jeram.

7. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Di Kalimantan Tengah, ada Sungai Lamandau yang cocok utk olahraga rafting. Terdapat Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, sungai memiliki ukuran lebar ini mau membawamu membelah belantara Kalimantan yang kiri-kanannya ditumbuhi pohon-pohon besar serta menjulang juga rimba tropis yang lebat. Yang pasti, pengalaman berarung jeram disini pastinya bakal begitu tidak sama dari arung jeram yang lain.

8. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Selain menjamahi Bunaken, anda juga kudu menjajal berarung jeram di Sungai Nimanga waktu bertandang ke Sulawesi Utara. Sungai yang terdapat di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini akan memberi pengalaman rafting yang seru serta tidak sama. Sungai ini dapat anda raih dengan meniti perjalanan sepanjang 3 jam dari Manado.

Tingkatan jeram sungai ini ada di grade 3 hingga 5, tapi pada musim penghujan tingkat kesulitannya dapat meraih grade 6. Makanya, sungai ini kerap dimanfaatkan jadi tempat latihan tim arung jeram. Untuk merampungkan rute, anda mesti meniti saat paling tidak 5 jam. Tidak hanya berarung jeram, ada juga air terjun di sekitaran sungai yang semasing mempunyai ketinggian 70 mtr. serta 90 mtr Jika untung, anda dapat juga berpapasan dengan yaki, monyet ciri khas Sulawesi, serta tarsius, satwa imut pemakan serangga yang bermata serupa burung hantu.

Itu dia beberapa lokasi menantang utk berarung jeram. Janganlah ditinggalkan jika anda kebetulan mendatangi satu diantara daerah diatas. Nah, apa anda miliki lokasi rafting seru yang dapat anda merekomendasikan ke pembaca? Taruh saja segera di kolom komentar!

 

Baca juga tempat arung jeram murah di Bogor. Kunjungi website di www.arungjeramrafting.com

Add Comment