Yuk Mengenal Beberapa Macam Alat Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat atau lokasi dimana kegiatan penelitian atau riset dilakukan oleh para ilmuan. Begitu kita mengenal laboratorium. Kita juga pernah berada di laboratorium pada saat sekolah, khususnya untuk praktikum pelajaran IPA. Di dalam laboratorium tersebut tentunya terdapat berbagai macam alat – alat yang disebut alat laboratorium.

alat laboratorium

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi informasi sekedar untuk menambah wawasan kita khususnya bagi anda yang belum mengetahuinya. Inilah beberapa macam alat yang umumnya kita temui di sebuah laboratorium di berbagai bidang diantaranya laboratorium pendidikan IPA dan laboratorium kesehatan.

1. Mikroskop

Mungkin untuk alat yang satu ini and asudah cukup mengenalnya. Mirkroskop dalam istilah asing ditulis Microscope yang berarti alat untuk melihat benda – benda yang sangat kecil yang berukuran mikro (tidak terlihat oleh mata telanjang).

Mikroskop terdiri dari gabungan beberapa lensa yaitu lensa okuler dan objektif yang digabung dengan sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk memperbesar bayangan gambar benda. Mikroskop dijual bebeas dipasaran, untuk membelinya anda bisa pergi ke toko alat laboratorium biologi atau kimia, disitulah tempat jual mikroskop lengkap dengan berbagai fitur dan pilihan harga.

2. Tabung Reaksi

Alat ini terdapat di berbagai macam laboratorium tidak terkecuali laboratorium kesehtan. Tabung reaksi merupakan satu tabung kecil dengan ukuran kurang lebih sebesar jari orang dewasa. Tabung ini digunakan untuk mereaksikan satu cairan dengan zat atau cairan lainnya. Tabung reaksi ini biasanya diletakkan pada rak untuk memudahkan penggunaan.

3. Mortir Stamper

Anda yang sudah pernah melakukan percobaan untuk melihat kandungan minyak pada makana, mungkin mengetahui alat ini. Mortir dan stamper merupakan satu pasang alat laboratoroum yang digunakan untuk menumbuk bahan – bahan percobaan yang harus dihaluskan terlebih dulu secara manual atau dengan cara ditumbuk. Alat ini terbuat dari porcelen atau kramik yang keras. Di apotek alat ini biasanya digunakan untuk menumbuk obat – obatan untuk diracik menjadi bubuk puyer.

Mungkin tiga saja cukup, karena akan sangat panjang sekali pembahasan ini apabila kita sebutkan seluruh atau sebagian besar alat – alat yang ada di dalam laboratorium. Sekian semoga bermanfaat.

Add Comment