Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Kurma Di Seluruh Dunia

Kurma merupakan tanaman sejenis palem yang asalnya dari wilayah Timur Tengah. Bentuknya oval, warnanya kuning agak kemerahan, dan rasanya manis. Di Timur Tengah kurma dijadikan makanan pokok. Pada saat bulan Ramadhan, buah kurma menjadi makanan wajib ketika berbuka puasa. Selain manis dan memiliki rasa yang enak, di dalam buah kurma terkandung gizi yang tinggi. Itu lah yang menyebabkan masyarakat di Timur Tengah menjadikannya makanan utama.

Pada proses pertumbuhannya, tanaman kurma memerlukan keadaan kering atau agak kering yang disertai musim panas berkepanjangan dan curah hujan yang tidak terlalu banyak. Itulah yang menyebabkan kurma sangat tumbuh subur di negara Timur Tengah yang memiliki iklim sesuai dengan kebutuhan tanaman kurma. Sehingga kurma yang dihasilkan jumlahnya banyak, jenis kurmanya pun merupakan jenis-jenis kurma terbaik.

kampung kurma

Namun demikian, kurma juga bisa tumbuh di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Memang sangat berlawanan iklimnya dengan negara asal kurma. Bahkan tidak sedikit yang meragukan bahwa kurma dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia.

Thailand sebagai negara tropis juga seperti Indonesia telah membuktikan lebih dulu bahwa kurma bisa tumbuh dan berbuah di negara tropis. Bahkan buah yang dihasilkan juga banyak seperti negara-negara Timur Tengah. Hanya memang kualitasnya tidak sama, karena bibitnyapun berbeda, yaitu menggunakan bibit kurma tropis yang telah melalui riset bertahun-tahun. Setelah beberapa kali gagal membudidayakan kurma, akhirnya Thailand menemukan cara yang tepat dengan bantuan teknologi yang mendukung.

Walaupun sudah bertahun-tahun kurma tropis sudah dibudidayakan, untuk saat ini negara penghasil kurma masih didominasi oleh negara-negara Timur Tengah. Berikut adalah daftar 5 negara penghasil kurma terbesar di dunia.

  1. Mesir
    Sebagai negara penghasil kurma terbesar di Dunia, Mesir mampu menghasilkan kurma sekitar 1.084.528 ton per tahun. Jauh jika dibandingkan dengan negara Timur Tengah lainnya.
  2. Iran
    Iran memiliki lebih dari 400 jenis kurma. Wilayah yang paling banyak membudidayakan kurma adalah wilayah selatan Iran. Sebagian kecilnya dihasilkan di daerah utara Iran. Kurma yang dihasilkan Iran adalah sebanyak 947.808 ton per tahun.
  3. Arab Saudi
    Banyak yang menyangka bahwa Arab Saudi berada di urutan pertama sebagai negara penghasil kurma terbesar. Namun Arab Saudi menempati posisi ke 3. Arab Saudi mempunyai kondisi alam yang terbaik untuk pertumbuhan kurma, karena terletak di semenanjung Arab. Terdapat 388.000 hektar lahan kurma yang memiliki hasil 836.982 ton buah kurma setiap tahunnya.
  4. Iraq
    Dalam setahun Iraq mampu menghasilkan 675.440 ton buah kurma. Dari total seluruh kurma yang dihasilkan per tahun di seluruh dunia, 7% berasal dari Iraq.
  5. Pakistan
    Wilayah di Pakistan yang mampu menghasilkan kurma teranyak adalah di Kairpur dan Punjab. Kurma yang dihasilkan sebanyak 556.609 ton per tahun atau sekitar 5% dari total seluruh kurma yang dihasilkan di dunia per tahunnya.

Untuk negara tropis, Thailand merupakan penghasil kurma terbesar saat ini. Akan tetapi di Indonesia sudah mulai banyak yang membudidayakan kurma, salah satu yang terbesar saat ini adalah Kampung Kurma.

Kampung Kurma merupakan perusahaan yang merancang konsep agrowisata kurma. Pada kawasan agrowisata tersebut selain terdapat kebun kurma, juga terdapat fasilitas yang identik dengan kurma, yakni fasilitas islami seperti masjid jamie, area memanah, area berkuda, rumah tahfidz, kolam renang ikhwan akhwat, sarana olahraga, islamic center, dan lainnya.

Kampung kurma telah memecah kebun kurma menjadi kavling-kavling yang siap dimiliki khusus oleh ummat islam yang ada di Indonesia.

Untuk info lebih lanjut mengenai Kampung Kurma silakan hubungi 0812.7184.9107

Add Comment